PEMBANGUNAN GEDUNG

NoRek.
109 00 108 39082
An.
PALANG MERAH INDONESIA CABANG BATAM
BANK.
MANDIRI

DONASI BENCANA

NoRek.
100 8888 248
An.
PMI BATAM
BANK.
BUKOPIN BATAM

INFORMASI ATRIBUT PMR

Disampaikan kepada seluruh pembina PMR dan Unit PMR di seluruh kota batam, hal-hal sebagai berikut :

1. Untuk seluruh atribut dan kelengkapan PMR melalui satu pintu yaitu Markas PMI Kota Batam

2. Penyediaan seluruh kebutuhan PMR dapat dipesan melalui PMI Kota Batam

3. Pemesanan dapat melalui staf bidang PMR & Relawan dengan Kak Asni HP.085765330852, email : asni_ksr@pmibatam.org & markas@pmibatam.org

Selain dari point diatas, merupakan diluar dari tanggungjawab PMI Kota Batam. Setiap pemesanan akan dikeluarkan bukti kwitansi pembayaran dengan stempel PMI Kota Batam.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian. Terima kasih

Alamat Email Forum Pembina PMR

Alamat Email bagi Forum Pembina PMR di lingkungan PMI Kota Batam Username : pembinapmr Password dapat menghubungi Kak Adi Staf Markas PMI Kota Batam bidang PMR& Relawan PMI Kota Batam akan mengirim surat menyurat ke sekolah-sekolah melalui alamat email diatas.

Semua Tentang Kesemutan

Semua Tentang Kesemutan

Pernahkah Anda merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Padahal bila kesemutan yang Anda alami tidak disebabkani oleh kedua hal itu, maka kesemutan adalah warning telah terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Apakah kesemutan?
Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Apa penyebabnya?
Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Gejala penyakit serius
Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.

Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:

Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV). Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.

Diabetes mellitus atau kencing manis
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 - 2 tahun.
Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

Jantung
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

Rematik
Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

Sumber:
http://doktersehat.com/category/kesehatan-umum/

kirim ke teman | versi cetak


Selasa, 24 Juni 2008 12:31:51 - oleh : admin

Berita "Acara" Lainnya

Publikasi

Pelayanan

Kehumasan PMI

Random Links

PMI Jogja

View : 2123 x hits
Join : 16-Sep-2008 17:59:24

Kalender

« Nov 2017 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Visitor Counter

KOTAK PENGADUAN LAYANAN PMI

Dalam Meningkatkan Layanan yang lebih baik kepada Masyarakat, kami membuka Kotak Pengaduan, Sumbang & Saran melalui e-mail : info@pmibatam.org

PALANG MERAH INDONESIA KOTA BATAM, Gedung PMI Kota Batam, Jln. Cempaka, Batam Center - Kota Batam (Samping Politeknik Batam) Telp.0778-7431368, 7431369, Email : markas@pmibatam.org, info@pmibatam.org
Layanan Unit Transfusi Darah ( UTDC ) PMI Batam buka 24 Jam. - Email: info@pmibatam.org / markas@pmibatam.org