| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM |
Rubrik : Berita Utama
Kepri Urutan Ketiga Jumlah Penderita HIV/AIDS
2008-06-18 14:09:21 - by : admin
Kepri Urutan Ketiga Jumlah Penderita HIV/AIDS
Senin, 02-06-2008 | 23:55:27
PENDERITA HIV/AIDS di Indonesia makinhari makin meningkat. Di Bali, secara kumulatif hingga Maret 2008 mencapai 1.986 kasus, meningkat 345 penderita dibanding periode sama tahun sebelumnya yang tercatat 1.641 orang.
Jumlah penderita tersebut menempatkan posisi Bali pada urutan lima besar nasional, kata Koordinator Program Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Bali Elyas Pallewoi di Denpasar, Selasa (3/6).

Ia mengatakan, Jumlah penderita HIV/AIDS terbanyak di Indonesia adalah DKI Jakarta, diurutan kedua, penderita hilangnya kekebalan daya tubuh tersebut, adalah Papua, Kepulauan Riau menempati posisi ketiga, Jawa Timur pada posisi keempat, serta Bali di posisi kelima.

Pertambahan penderita HIV/AIDS yang semakin mengkhawatirkan itu terutama akibat masih maraknya pemakaian jarum suntik secara bergantian diantara pengguna narkoba, disamping hubungan seksual secara bebas tanpa kondom.

Elyas menambahkan, Indonesia termasuk Bali, yang menghadapi kenyataan penderita HIV/AIDS semakin meningkat, bertekad melaksanakan program "harm reduction", yakni pengurangan dampak buruk akibat penggunaan jarum suntik di kalangan pecandu narkoba.

Hal itu dilakukan untuk menghidari meluasnya penyebaran HIV/AIDS, mengingat masyarakat sekarang berada di bawah cengkeraman berbagai wabah, selain akibat narkoba juga karena virus HIV/AIDS.

Elyas menambahkan, orang dengan HIV/AIDS (Odha) di Bali kini tercatat 4.041 orang, hampir 50 persennya sudah berhasil diungkap ke permukaan. Hal itu berkat berbagai upaya dan kerja keras semua pihak, sehingga para penderita mendapat perawatan dan penanganan dengan baik, ujar Elyas.

Odha yang jumlahnya cenderung bertambah itu terutama akibat masih maraknya hubungan seks bebas dan kebiasaan menggunakan narkoba dengan jarum suntik secara bersama-sama.

Oleh sebab itu penggunaan kondom dinilai sangat efektif dalam upaya mencegah penularan HIV/AIDS, disamping lebih waspada terhadap ancaman penyakit tersebut, harap Elyas. (ANT/noe)

Sumber Berita
http://tribunbatam.co.id/berita_terkini_kepri/kepri_urutan_ketiga_jumlah_penderita_hiv/aids


| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM | : http://pmibatam.org
Versi Online : http://pmibatam.org/?pilih=news&aksi=lihat&id=38