| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM |
Rubrik : Berita Utama
Temu Karya Relawan PMI Nasional IV 2008 Bukan Sekedar Ajang Pertemuan Relawan
2008-08-30 10:55:44 - by : admin
Temu Karya Relawan PMI Nasional IV 2008
Bukan Sekedar Ajang Pertemuan Relawan

Temu Karya Relawan (KSR-TSR) PMI Tingkat Nasional IV Tahun 2008 bukan hanya sekedar ajang pertemuan para relawan PMI. Untuk kali ini, Temu Karya akan lebih mengedepankan karya nyata di masyarakat dan pembelajaran bagi relawan.

Demikian dikatakan Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) Markas Pusat PMI, Arifin dalam acara rapat koordinasi panitia Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional IV di Rumah Makan “S” Rizki, Serang, Banten, Senin (25/8).

“Temu Karya Relawan IV di Provinsi Banten ini akan menjadi momen penting bagi PMI maupun seluruh relawannya, karena berbeda dengan kegiatan sebelumnya yang lebih mengedepankan kegiatan kompetisi atau lomba. Pada ajang sekarang ini akan ada perubahan drastis pada penyelenggaraannya,” katanya.

Ia menjelaskan, sesuai amanat Pengurus PMI Pusat, kegiatan pada Temu Karya yang dibagi ke dalam empat bidang yakni TEMU, KARYA, PENGEMBANGAN KAPASITAS, dan PERSAHABATAN didesain sekitar 60 persen berupa karya nyata relawan pada masyarakat di sekitar lokasi perkemahan, 30 persen perlombaan dan 10 persennya kegiatan pembelajaran.

“Jenis kegiatannya, yang memang harus dikuasai relawan dengan metode learning by doing dan setting perkampungan dianalogkan sebagai penampungann darurat,” tandasnya.

Setting perkampungan tersebut, menurut Arifin, akan lebih menuntun seluruh peserta kontingen untuk melakukan tugas seperti pada kondisi sebenarnya, selain menggambarkan siklus pembinaan dan pengembangan relawan.

“Pada hari pertama setelah pembukaan, panitia merancang kegiatan latihan gabungan (latgab). Hampir seluruh jenis kegiatan akan diberikan pada saat acara ini. Setelah latgab, barulah peserta diberikan tugas-tugas, diantaranya nanti ada penilaian, yang harus dikerjakan sampai akhir kegiatan Temu Karya,” ujarnya.

Arifin mengemukakan, kegiatan yang nantinya akan dilakukan kepada masyarakat antara lain, advokasi dan sosialisasi kepalangmerahan, donor darah sukarela, pengobatan gratis, promosi kesehatan dan Pengurangan Resiko Bencana (PRB), serta bakti sosial masyarakat.

Simpati Masyarakat

Hal senada dikatakan Ketua PMI Banten, Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE saat menyampaikan pesannya kepada seluruh panitia. Ia berharap, kegiatan Temu Karya manfaatnya harus lebih dirasakan oleh masyarakat, khususnya di sekitar lokasi perkemahan.

“Kami ingin ajang ini meninggalkan kesan dan manfaat yang nyata dan positif kepada masyarakat. Kehadiran para relawan nanti harus melahirkan simpatik di masyarakat, sehingga mereka akan menyadari akan peran penting relawan,” katanya.

Sumber Dari:
http://pmibanten.org/temukarya/index.php?option=com_content&task=view&id=69&Itemid=2
| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM | : http://pmibatam.org
Versi Online : http://pmibatam.org/?pilih=news&aksi=lihat&id=55