| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM |
Rubrik : Berita Utama
(Dana Gaza Rp. 288.367.664) PMI Akan Dilibatkan dalam Rekonstruksi Gaza
2009-01-24 08:29:09 - by : admin

Friday, January 23, 2009

(Dana Gaza Rp. 288.367.664) PMI Akan Dilibatkan dalam Rekonstruksi Gaza


Palang Merah Indonesia (PMI) akan melakukan pertemuan di Jenewa Swiss, Rabu (28/1) mendatang untuk membahas keterlibatan PMI dalam rekonstruksi Gaza. Sekretaris Jenderal PMI, Iyang D. Sukandar, menjelaskan peran serta PMI pada rekonstruksi Gaza akan difokuskan pada penyediaan personil di bidang asesmen, pengerahan tim air dan sanitasi (water and sanitation-watsan), serta bantuan psikososial bagi masyarakat Gaza.

“Kami mendapat undangan dari Komite Internasional Palang Merah (ICRC) di Jenewa untuk ikut dalam pertemuan dan membahas peran Gerakan dalam proses rekonstruksi di Gaza. Untuk PMI, kami akan membahas peran PMI di bidang asesmen, pengiriman tim watsan, dan terutama pelayanan psychosocial support program untuk membantu anak-anak yang menjadi korban konflik di Gaza,” jelas Iyang D. Sukandar.

Ditambahkan Iyang D. Sukandar, dilibatkannya PMI dalam rekonstruksi Gaza adalah berdasarkan pengalaman PMI dalam menjalankan program rekonstruksi pascabencana di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Nias, dan DIY.

“Kami diundang ICRC setelah melihat pengalaman PMI dalam menjalankan proyek-proyek rekonstruksi di Aceh dan Nias pascatsunami dan pascagempa Jogja,” ujar Iyang D. Sukandar.

Menurut rencana PMI yang akan diwaliki oleh Sekretaris Jenderal Iyang D. Sukandar akan menuju Jenewa, Minggu (25/1) dan bergabung bersama 158 Perhimpunan Nasional lainnya, termasuk Bulan Sabit Merah Palestina, Bulan Sabit Merah Mesir, Bulan Sabit Merah Jordan, dan Kristal Merah Israel. Selain membicarakan peran PMI, pertemuan yang akan berlangsung di Kantor Pusat ICRC, 28-29 Januari tersebut, juga akan mebahas peran Perhimpunan Nasional lainnya dalam rekonstruksi Gaza.

Sementara itu hingga saat ini PMI masih terus melakukan penggalangan dana untuk membantu penduduk Gaza Palestina. Penggalangan dana dilakukan dengan membuka rekening kemanusiaan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pancoran, Nomor Rekening 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia dan Bank Central Asia (BCA) Kantor Cabang Utama Thamrin, Nomor Rekening 206 300 6688, atas nama Palang Merah Indonesia.

Hingga Jumat (23/1), penggalangan dana kemanusiaan PMI untuk Gaza Palestina berjumlah sekitar Rp. 279 Juta. Direncanakan seluruh bantuan dana kemanusiaan yang berhasil dihimpun PMI akan disalurkan melalui Bulan Sabit Merah Palestina bekerjasama dengan Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: MR. Aswi Reksaningtyas, Kepala Divisi Komunikasi Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2325, ext. 222 atau Ria Thahir, Kepala Sub Divisi Humas Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2325, ext. 201. Kontak Media: Aulia Arriani, Hp. 0816 795 379. E-mail. pmi@palangmerah.org

Sumber berita:
http://www.palangmerah.org/publikasi.asp?stat=ina&id=533


| PALANG MERAH INDONESIA | BATAM | : http://pmibatam.org
Versi Online : http://pmibatam.org/?pilih=news&aksi=lihat&id=60