PEMBANGUNAN GEDUNG

NoRek.
109 00 108 39082
An.
PALANG MERAH INDONESIA CABANG BATAM
BANK.
MANDIRI

Palang Merah untuk Indonesia

Palang Merah adalah Lambang yang Netral, tidak terkonotasi agama atau politik. Digunakan oleh Dinas Kesehatan TNI dan PMI, sebagai satu - satunya lambang dan organisasi Gerakan Palang Merah/Bulan Sabit Merah Internasional di Indonesia yang dibentuk berdasarkan Konvensi Jenewa 1949

68 tahun Palang Merah Indonesia, 17 September 2013

DONASI BENCANA

NoRek.
100 8888 248
An.
PMI BATAM
BANK.
BUKOPIN BATAM

HARI RELAWAN PMI

RELAWAN PMI BERBAKTI UNTUK PERIKEMANUSIAAN, PERSAUDARAAN DAN PERDAMAIAN

SELAMAT HARI RELAWAN PMI
26 DESEMBER 2013

Pelantikan PMR se Kota Batam

Pelaksanaan kegiatan Pelantikan PMR tingkat Mula (SD), Madya (SMP sederajat) & Wira (SMA sederajat) tingkat Kota Batam dilaksanakan pada hari Sabtu, 08 Februari 2014 pukul.07.00 s/d 16.00 WIB bertempat di Community Center (CC) Kawasan Industri Batamindo - Mukakuning

Surat Edaran akan dikirim melalui alamat email sekolah sesuai data yang diterima oleh Markas PMI Kota Batam.

Alamat Email Forum Pembina PMR

Alamat Email bagi Forum Pembina PMR di lingkungan PMI Kota Batam Username : pembinapmr Password dapat menghubungi Kak Adi Staf Markas PMI Kota Batam bidang PMR& Relawan PMI Kota Batam akan mengirim surat menyurat ke sekolah-sekolah melalui alamat email diatas.

Prosedure Pengambilan Darah


PENGELOLAAN DARAH DAN SERVIVE COST (BIAYA PENGGANTI PENGELOLAHAN DARAH)


Upaya kesehatan Transfusi Darah adalah upaya kesehatan yang bertujuan agar penggunaan darah berguna bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan . Kegiatan ini mencakup antara lain :pengerahan donor,penyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah kepada pasien.

Kegiatan tersebut harus dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai standar yang telah ditetapkan, sehingga darah yang dihasilkan adalah darah yang keamanannya terjamin. Demikian juga dengan donornya, donor yang menyumbagkan darahnya juga tetap selalu sehat.

Kelancaran pelaksanaan upaya kesehatan transfusi darah di atas sangat terkait dengan dukungan faktor ketenagaan, peralatan, dana dan sistem pengelolaannya yang hakikatnya kesemuanya itu memerlukan biaya.

Biaya yang dibutuhkan untuk proses kegiatan tersebut diatas adalah biaya pengelolaan darah ( Service Cost) , yang pada prakteknya manfaatnya ditujukan kepada pengguna darah di rumah sakit. Penarikan service cost/biaya pengelolaan darah untuk pemakaian darah dilakukan semata-mata sebagai penggantian pengelolaan darah sejak darah diambil dari donor sukarela sampai darah ditransfusikan pada orang sakit dan bukan untuk membayar darah.


Laboratorium Unit Tranfusi Darah beserta peralatannya umtuk mendapatkan darah yang aman dan siap pakai.
Pengelolaan Darah

Yang dimaksud dengan pengelolaan darah adalah tahapan kegiatan untuk mendapatkan darah sampai dengan kondisi siap pakai, yang mencakup antara lain :
Rekruitmen donor
Pengambilan darah donor
Pemeriksaan uji saring
Pemisahan darah menjadi komponen darah
Pemeriksaan golongan darah
Pemeriksaan kococokan darah donor dengan pasien
Penyimpanan darah di suhu tertentu
Dan lain-lain

Untuk melaksanakan tugas tersebut dibutuhkan sarana penunjang teknis dan personil al :

Kantong darah

Peralatan untuk mengambil darah
Reagensia untuk memeriksa uji saring, pemeriksaan golongan darah, kecocokan darah donor dan pasien
Alat-alat untuk menyimpan dan alat pemisah darah menjadi komponen darah
Peralatan untuk pemeriksaan proses tersebut
Pasokan daya listrik untuk proses tersebut
Personil PMI yang melaksanakan tugas tersebut

Peranan ketersediaan prasarana di atas sangat menentukan berjalannya proses pengolahan darah. Untuk itu pengadaan dana menjadi penting dalam rangka menjamin ketersediaan prasarana tersebut, PMI menetapkan perlunya biaya pengolahan darah ( service cost).

“Service Cost “

Mulai Tanggal 1 September 2011 Besarnya jumlah Service Cost yang ditetapkan standar oleh PMI Kota Batam adalah sebesar Rp. 286.000,- per kantongnya (Pasien Langganan/Umum) & Rp.250.000,- Per kantongnya (Pasien Askes/Jamkesmas) (350cc) Baik Whole Blood maupun PRC .Oleh karena adanya kebijakan “subsidi silang”. Bagi yang tak mampu, pembebasan service cost juga dapat dikenakan sejauh memenuhi prosedur administrasi yang berlaku. Seperti membawa Surat Keterangan Tidak mampu dari RT/RW, Lurah dan Camat Setempat, maka Pasien tidak dikenakan Biaya Apapun.

“Service cost” tetap harus dibayar walaupun pemohon darah membawa sendiri donor darahnya. Mengapa demikian? Karena bagaimanapun darah tersebut untuk dapat sampai kepada orang sakit yang membutuhkan darah tetap memerlukan prosedur seperti tersebut diatas.

Demikian pula Service Cost tetap ditarik walaupun PMI telah menerima sumbangan dari masyarakat karena hasil sumbangan masyarakat tersebut masih jauh dari mencukupi kebutuhan operasional Unit Tranfusi Darah PMI.

Publikasi

Pelayanan

DATA BASE

Transfusi Darah

Lain-lain

Random Links

PMI Banten

View : 1138 x hits
Join : 16-Sep-2008 17:59:04

Kalender

« Aug 2014 »
M S S R K J S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6

Visitor Counter


PALANG MERAH INDONESIA - KOTA BATAM | Jln. Imam Bonjol Komplek Sakura Anpan A-1, Nagoya - Batam | Telp 0778 - 450626 | Fax. 0778 - 426561
Layanan Unit Transfusi Darah ( UTDC ) PMI Batam buka 24 Jam. - Email: info@pmibatam.org / markas@pmibatam.org