PEMBANGUNAN GEDUNG

NoRek.
109 00 108 39082
An.
PALANG MERAH INDONESIA CABANG BATAM
BANK.
MANDIRI

DONASI BENCANA

NoRek.
100 8888 248
An.
PMI BATAM
BANK.
BUKOPIN BATAM

INFORMASI ATRIBUT PMR

Disampaikan kepada seluruh pembina PMR dan Unit PMR di seluruh kota batam, hal-hal sebagai berikut :

1. Untuk seluruh atribut dan kelengkapan PMR melalui satu pintu yaitu Markas PMI Kota Batam

2. Penyediaan seluruh kebutuhan PMR dapat dipesan melalui PMI Kota Batam

3. Pemesanan dapat melalui staf bidang PMR & Relawan dengan Kak Asni HP.085765330852, email : asni_ksr@pmibatam.org & markas@pmibatam.org

Selain dari point diatas, merupakan diluar dari tanggungjawab PMI Kota Batam. Setiap pemesanan akan dikeluarkan bukti kwitansi pembayaran dengan stempel PMI Kota Batam.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian. Terima kasih

Alamat Email Forum Pembina PMR

Alamat Email bagi Forum Pembina PMR di lingkungan PMI Kota Batam Username : pembinapmr Password dapat menghubungi Kak Adi Staf Markas PMI Kota Batam bidang PMR& Relawan PMI Kota Batam akan mengirim surat menyurat ke sekolah-sekolah melalui alamat email diatas.

Cegah Hepatitis B Kronik Sejak Bayi

Cegah Hepatitis B Kronik Sejak Bayi

Rabu, 18 Juni 2008 | 11:09 WIB

PEMBERIAN vaksin bagi bayi pada awal masa kehidupannya sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Salah satu yang paling penting untuk diberikan adalah vaksinasi hepatitis B.

Menurut Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) dr Unggul Budihusodo Sp.PD-KGEH, pemberian vaksin hepatitis B bagi bayi menjadi penting karena penularan yang sering terjadi adalah melalui jalan lahir dari ibu yang menderita hepatitis B atau disebut dengan penularan vertikal. Penularan ini lebih membahayakan karena pada saat dewasa nanti si bayi dapat menderita hepatitis kronik.

"Dari pengidap hepatitis kronik yang ada di masyarakat, sekitar 90 persen di antaranya mengalami infeksi saat masih bayi. Infeksi dari ibu yang mengidap virus hepatitis bisa terjadi sejak masa persalinan hingga bayi mencapai usia balita," ungkap dr Unggul di Jakarta, Selasa (17/6) kemarin.

Ia menjelaskan, infeksi sangat mungkin terjadi karena saat melahirkan jalan lahir ibu terluka dan berdarah sehingga mempermudah kontaminasi darah terhadap kulit bayi yang rentan gesekan persalinan. Selain itu, infeksi juga bisa terjadi saat ibu menyusui, di mana luka pada puting ibu menjadi jalan mudah masuknya virus.

"Penularan virus hepatitis B pada bayi bukan didapat dari darah bayi yang terhubung kepada ibu melalui plasenta bayi atau dari air susu ibu, tapi bisa terjadi saat persalinan atau juga ketika menyusui karena terjadi kontak antara luka kecil pada puting susu ibu dan mulut bayi," terangnya.

Untuk mencegah penularan ini, setiap bayi diwajibkan mendapat vaksin hepatitis B pada usia 0-7 hari. Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan ibu yang berisiko tinggi dengan melakukan vaksinasi saat kehamilan.

"Yang perlu ditekankan, untuk ibu hamil yang positif mengidap virus, selain vaksinasi aktif, sang bayi juga wajib mendapatkan imunisasi pasif dengan pemberian serum. Dengan pemberian vaksinasi pasif (imunoglobulin) maka tubuh bayi sudah langsung mempunyai kekebalan terhadap infeksi hepatitis B dari ibunya saat melahirkan," ujarnya.

Unggul mengingatkan pula pentingnya pencegahan hepatitis B sejak dini karena penyakit ini tidak memberikan keluhan dan gejala. Keadaan ini jelas membahayakan karena anak-anak bisa terlihat sehat, padahal di dalam tubuhnya mengandung virus hepatitis B yang akan berjalan progresif menahun dan menjadi kronis ketika mereka dewasa. "Bila sudah kronis, baru akan memberikan gejala, antara lain lemah, kurang nafsu makan, mual, muntah, nyeri tulang, kulit badan dan mata kuning, serta perubahan warna urine yang mencolok," tuturnya.

Sumber:
http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/18/1109200/cegah.hepatitis.b.kronik.sejak.bayi.

kirim ke teman | versi cetak


Selasa, 24 Juni 2008 16:01:59 - oleh : admin

Berita "Acara" Lainnya

Publikasi

Pelayanan

Kehumasan PMI

Random Links

PMI Jateng

View : 1811 x hits
Join : 16-Sep-2008 17:58:40

Kalender

« Nov 2017 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Visitor Counter

KOTAK PENGADUAN LAYANAN PMI

Dalam Meningkatkan Layanan yang lebih baik kepada Masyarakat, kami membuka Kotak Pengaduan, Sumbang & Saran melalui e-mail : info@pmibatam.org

PALANG MERAH INDONESIA KOTA BATAM, Gedung PMI Kota Batam, Jln. Cempaka, Batam Center - Kota Batam (Samping Politeknik Batam) Telp.0778-7431368, 7431369, Email : markas@pmibatam.org, info@pmibatam.org
Layanan Unit Transfusi Darah ( UTDC ) PMI Batam buka 24 Jam. - Email: info@pmibatam.org / markas@pmibatam.org