Donate Now!Mari Berbagi Untuk Sesama

Korban Hercules C130 di Evakuasi


Korban Hercules C130 di Evakuasi

PMI Medan evakuasi korban hercules jatuh (30/6) (Dok. Ria Oktora)

Hercules kini tak lagi sekuat seperti yang kita saksikan di film. Ia terjatuh dan menyisakan kepedihan bagi keluarga yang ditinggalkan. Badannya yang kekar, kini hanya menyisakan puing-puing setelah menimpa ruko di Jalan Djamin Ginting, Medan, Selasa (30/6). Siang yang naas bagi 121 orang penumpang, dimana 12 di antaranya merupakan kru pesawat bernomor C130 itu. Pun halnya dengan masyarakat yang berada di ruko tersebut. Menanggapi bencana tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) dengan sigap bergabung dalam Tim SAR gabungan untuk mengevakuasi para korban. Berikut kronologisnya :

30 Juni 2015 :

PMI Medan memobilisasi 20 sukarelawan PMI dan 9 tim ambulans untuk membantu jalannya evakuasi para korban. Serta mengerahkan 5 unit mobil jenazah dan 3 mobil ambulans ke lokasi jatuhnya pesawat. Sejumlah 50 kantung jenazah berhasil di evakuasi oleh PMI dan langsung diserahkan ke rumah sakit Adam Malik untuk di identifikasi.

1 Juli 2015 :

Pukul 02.30 wib, 105 kantung jenazah berhasil dievakuasi oleh PMI ke rumah sakit Adam Malik. Sebanyak 29 sukarelawan PMI Medan turut dalam pencarian korban.

Pukul 08.00 wib, 148 kantung jenazah berhasil dievakuasi. Sebanyak 30 orang sukarelawan masih membantu pencarian korban dan membersihkan puing-puing. 6 mobil ambulans PMI Medan masih disiagakan dilokasi jatuhnya pesawat.

Ria Oktora, Tim ambulans PMI Medan mengatakan bahwa pagi ini (1/7) PMI bersama dengan TIM SAR gabungan membantu membongkar puing reruntuhan bangunan. Hal ini dilakukan untuk memastikan korban yang masih belum terevakuasi.

“Sejak pagi (1/7) pukul 08.00 WIB, 148 kantung jenazah telah dievakuasi PMI ke RS Adam Malik untuk diidentifikasi,” Jelas Ria melalui sambungan telepon.

Sementara itu, di Malang – Jawa Timur, PMI Malang menyiagakan 15 sukarelawan dan 5 Ambulans di Lanud ABD Saleh, untuk mengevakuasi jenazah yang telah teridentifikasi menuju kediaman masing-masing.

“Akan dilakukan upacara penghormatan terakhir di Lanud. Setelahnya, jenazah akan di bawa ke rumah kediaman masing-masing,” Terang Aprilianto, Korlap PMI Malang.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Ria Oktora, Tim Ambulans PMI Medan, Hp : 081361135436 atau Aprilianto, PMI Malang, Hp : 08123389939

Kutipan berita :

http://pmi.or.id/index.php/berita-dan-media/peristiwa/item/602-korban-hercules-c130-di-evakuasi.html

Add a Comment